Home » » Rempah Rempah Yang Bisa Digunakan Untuk Obat

Rempah Rempah Yang Bisa Digunakan Untuk Obat

Written By Unknown on 07/05/15 | Kamis, Mei 07, 2015

Rempah rempah adalah bagian tumbuhan yang beraroma dan berasa kuat yang digunakan dalam jumlah kecil di makanan sebagai pengawet, pewarna dan perasa makanan (wikipedia). Indonesia kaya akan rempah rempah. Bahkan karena rempah rempah inilah di mulai penjelajahan dunia yang menyebabkan terjadinya penjajahan di berbagai negara termasuk Indonesia. Selain sebagai pengawet, pewarna dan perasa makanan rempah rempah juga bisa digunakan sebagai obat. Apa sajakan rempah rempah yang bisa digunakan sebagai obat? berikut daftarnya:
  • Jahe
Jahe merupakan salah satu rempah rempah yang bisa digunakan sebagai obat. Jahe dapat memberikan rasa hangat dengan aroma yang kuat dan menyegarkan. Jahe umumnya digunakan sebagai obat batuk, namun juga kerap digunakan untuk mengobati sakit kepala, dan nyeri haid pada wanita. Jahe umumnya dibuat menjadi minuman dan dicampur dengan bahan lain seperti madu, teh, ataupun gula aren. 
  • Kunyit
Selain jahe, Kunyit juga merupakan rempah rempah yang dapat digunakan sebagai obat. Kunyit umumnya digunakan untuk mendapatkan warna kuning pada makanan, namun kunyit juga kini banyak digunakan sebagai obat obatan herbal. Kunyit dipercaya mampu me;ancarkan sirkulasi darah, anti inflamasi atau peradangan sampai dengan menyembuhkan penyakit maag. Kunyit mengandung curcumin yang ternyata dapat menangkal tumor. 
  • Bawang putih 
Rempah rempah yang dapat digunakan sebagai obat selanjutnya adalah bawang putih. Walapun banyak yang tidak menyukai aromanya, namun bumbu satu ini bisa dipastikan ada disetiap dapur. Bawang putih ternyata mengandung anti bakteri dan anti parasit yang membantu menyehatkan badan, selain itu bawang putih juga mampu menurunkan kolerserol. mencegah tekanan darah tinggi dan kanker. 
  • Kayu Manis
Selain memiliki aroma yang khas, kayu manis juga merupakan rempah rempah yang bisa digunakan sebagai obat. Kayu manis berkhasiat menurunkan kadar gula darah , mendetoksifikasi racun dalam tubuh dan otak, antiseptik yang baik untuk infeksi saluran kemih. Cara penggunanya pun mudah, cukup campurkan kayu manis pada minuman ataupun masakan anda. 
  • Cengkeh
Rempah rempah yang sempat menjadi primadona di kalangan penjajah ini ternyata bisa juga dimasukan kedalam rempah rempah yang bisa digunakan sebagai obat. Cengkeh memiliki aroma yang pedas dan segar dan bermanfaat untuk meningkatkan fungsi pencernaan. Cengkeh juga bermanfaat untuk meredakan sakit gigi, sakit tenggorokan, kram perut dan menyegarkan napas.
  • Ketumbar
Ketumbar juga bisa dimasukan kedalam rempah rempah yang bisa digunakan sebagai obat. Ketumbat kaya akan fitokimia yang merupakan sumber dari zat besi, magnesium dan mangan yang sangat baik untuk tubuh. 
  • Temulawak
Makanan yang sekilas mirip kunyit atau jahe ini memang pantas masuk kedalam rempah rempah yang bisa digunakan sebagai obat. Temulawan kaya akan curcumin yang dapat membantu meningkatkan napsu makan terutama pada anak anak yang susah makan. Temu lawak juga mengandung kadar antioksidan yang tinggi sehingga sangat baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.
  • Kencur 
Kencur merupakan rempah yang umum digunakan ibu ibu dalam memasak. Rasanya yang sedikit pedas dan hangat banyak digunakan untuk rujak dan sebagainya. Namun ternyata kencur termasuk rempah rempah yang bisa digunakan sebagai obat juga. Kencur biasanya digunakan untuk mengobati memar, diare, masuk angin, melancarkan haid, keseleo dan menyembuhkan batuk. 
  • Kapulaga
Rempah rempah yang bisa digunakan sebagai obat lainnya adalah kapulaga. Kapulaga umumnya digunakan untuk menjegah masalah lambung, obat pernapasan, sakit kepala, detekfikasi kafein dan menjernihkan suara, 
  • Adas
Adas ternyata memiliki bnayak manfaat dalam kesehatan, diantaranya membantu pencernaan, menghangatkan badan, menghancurkan batu ginjal dan meredakan masuk angin. Karenanya tidak heran kalau adas sering digunakan sebagai rempah rempah yang bisa dijadikan obat.

Nah demikianlah beberapa rempah rempah yang bisa dijadikan obat. Indonesia kaya akan banyak sumber daya alam, dan alam masih memiliki banyak rahasia menakjubkan dan bermanfaat bagi kita, karenanya kita harus bijak dalam mengolah dan menfaatkan sumber daya alam.

0 komentar:

Posting Komentar