Home » » Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Dari Urine

Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Dari Urine

Written By Unknown on 22/05/15 | Jumat, Mei 22, 2015

Cara Mengetahui Kondisi kesehatan dari urine,- Urine atau air kencing adalah air yang dikeluarkan dari dalam tubuh memlalui saluran kemih, yang merupakan sisa yang diekskrikan oleh ginjal. Kondisi kesehatan seseorang ternyata dapat dilihat dari urine yang dikeluarkan. Urine juga berguna untuk mengetahui apakah seseorang mengkonsumsi obat obatan terlarang atau tidak, nah bagaimana cara mengetahui kondisi kesehatan dari urine? berikut sedikit penjelasannya
  • Urine berwarna kuning gelap
Urine yang berwarna kuning mengindikasikan kalau seseorang mengalami kekurangan cairan, misalnya karena kurang minum air, semakin pekat warna kuningnya, berarti tubuh semakin  kekurangan cairan. Apabila warna urine anda nampak kuning pekat, sebaiknya segera minum untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.
  • Urine bening
Bila warna air anda bening menyerupai air biasa, maka itu berarti tubuh anda sedang dalam kondisi yang baik, sebaiknya pertahankan dengan memenuhi kebutuhan cairan namun jangan terlalu banyak minum karena dapat menyebabkan perut kembung. 
  • Urine coklat kehijauan
Warna urine yang coklat kehijauan menandakan bahwa anda mengalami masalah hati atau dehidrasi berat, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mengetahui permasalahannya.
  • Urine berwarna keabuan
Urine yang berwarna keruh keabuan bisa jadi merupakan salah satu indikasi adanya infeksi, salah satu yang paling sering adalah infeksi saluran kemih, apalagi bila menimbulkan bau yang kurang sedap, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mematikan.
  • Urine bercampur darah
Bila ada urine yang tercampur dalam darah anda, maka sebaiknya anda berhati hati, karena bisa jadi ada pembesaran kelenjar prostat atau pun batu ginjal, bahkan bisa saja mengindikasikan adanya kanker, sebaiknya hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
  • Urine keruh 
Bila urine anda keruh dapat mengindikasikan adanya infeksi bakteri, terutama bila disertai dengan bau busuk dan sensasi terbakar ketika buang air. Urine yang keruh bisa berasal dari sel darah putih yang melawan infeksi di saluran kencing.
  • Urine keruh dan tampak berbuih
Urine yang keruh dan berbuih mengindikasikan ada banyak protein dalam urine, yang artinya ginjal anda kurang bisa menyaring protein dengan baik. Hal ini dapat menjadi sinyal awal diabetes ataupun penyakit ginjal.
  • Urine keruh dan tampak kecoklatan
Bila urine yang anda keluarkan nampak keruh serta berwarna kecoklatan, bisa mengindikasikan adanya bakteri, atau campuran darah, bisa jadi karena kontaminasii bilirubin, limbah buangan liver yang menjadi sinyal penyakit liver. 

Nah sekarang anda tahu bukan tentang cara mengetahui kondisi kesehatan dari urine? semoga artikel ini dapat membantu anda. 

0 komentar:

Posting Komentar