Home » , » Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Written By Unknown on 26/03/15 | Kamis, Maret 26, 2015

Kunyit selama ini dianggap sebagai salah satu rempah rempah penyedap masakan, sekaligus obat untuk beberapa penyakit. Namun tahukan anda bahwa sebenarnya manfaat kunyit untuk kesehatan sebenarnya sangat banyak, diantaranya:
  • anti inflamasi atau peradangan adalah salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan. Caranya mudah tumbuk sampai halus kunyit dan tempelkan pada bagian yang memar, sebelum ditempelkan kompres dulu bagian yang memar. Balut kunyit yang telah di tempelkan agar kunyit menempel lebih lama sehingga memaksimalkan proses penyembuhan
  • obat Peradangan sendi kronis  juga merupakan salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan, untuk mendapatkan khasiat ini cukup mudah rebus 20 gram kunyit, 15 gram daun dewa kering, serta 15 gram ceplukan kering dengan 600cc air sampai tersisa setengahnya, saring airnya dan minum 2 kali sehari.
  • Kunyit juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti university of California, Los Angles menyatakan komponen utama kunyit yaitu kurkumin dapat membantu menghambat pertumbuhan sel sel kanker dikepala dan leher, serta memicu kematian sel tumor dalam tubuh.
  • Selain sebagai pencegah kanker, kurkumin pada kunyit juga dapat menangkal radikal bebas pada tubuh terutama radikal bebas berupa lemak buruk dan senyawa yang larut dalam lemak, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai antioksidan.
  • Manfaat kunyit untuk kesehatan selanjutnya ialah dapat meningkatkan fungsi hati karena kunyit dapat meningkatkan pengeluaran cairan empedu, melawan infeksi hati, meredakan peradangan hati, mencegah penyumbatan hati. sehingga hati dapat berfungsi dengan maksimal
  • Mengurangi resiko kadiovaskular yaitu penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah. kandungan kurkuminnya dapat mengurangi kolesterol,mencegah oksidasi pada pembuluh darahm mengurangi trugliserida dan meningkatkan kadar HDL dalam tubuh sehingga sangat baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular.
  • mencegah alzaimer merupakan manfaat kunyit untuk kesehatan lainnya, sebenarnya bukan hanya alzaimer, namun juga hampir semua penyakit dimensia, karena kunyit mengandung kurkumin pada kunyit berperan penting sebagai pencegahan berbagai penyakit dimensia termasuk alzaimer.
  • Kunyit juga dapat mencegah depresi, mungkit anda bingung, namun seperti yang dikutip dari prevention,  dalam sebuah penelitian oleh Ajay Goel, PhF, direktur epigenetik dan pencegahan kanker di baylor University Medical Center menyatakan dengan dosis harian 1000mg, kurkumin pada kunyit 2-5 persen lebih baik mengatasi depresi dari pada obat obatan kimia. Hal ini karena Kurkumin dianggap sebagai inhibitor alami atau penghambat minamine axidase yang menjadi penyebab depresu dan menghambat pelepasan sitokinin yang menyebabkan stress.
  • meningkatkan napsu makan caranya mudah, tambahkan kunyit pada makanan anda atau anda bisa lakukan dengan cara kupas dan parut kunyit, ambil sarinya dan tambahkan sedikit madu atau jeruk purut, minumkan pada anak pagi sebelum makan dan sore hari. Tidak hanya menambah napsu makan, cara ini juga bisa mengobati amandel pada anak
Nah ternyata banyak juga ya Manfaat kunyit untuk kesehatan, jadi mulai sekarang jangan anggap remeh rempah yang satu ini.

2 komentar:

  1. Infonya bagus gan . Saya tambah sedikit, Kunyit juga Bisa Membuat Pengkonsumsi nya tampak lebih awet muda dan terasa segar krn dapat dipadukan dgn bberp racikan rempah2 lainnya yang sering di jajakan oleh mbak2 tukang jamu :D suksess !!

    BalasHapus
  2. makasih tambahannya gan, sukses juga buat agan

    BalasHapus