Home » » Tips Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Tips Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Written By Unknown on 11/05/15 | Senin, Mei 11, 2015

Telinga merupakan salah satu panca indra yang sangat penting bagi manusia. Dengan telinga kita bisa mendengar suara salah satu organ penting dalam komunikasi seseorang dengan orang lainnya. Karenanya kita harus senantiasa menjaga kesehatan telinga kita, serikut ini beberapa tips menjaga kesehatan telinga

  • Hindari membersihkan telinga dengan mengorek telinga
Selama ini banyak diantara kita yang bermaksud membersihkan telinga dengan cara mengoreknya, baik itu menggunakan catton bud, pembersih telinga maupun jari. Ternyata kebiasaan ini sangat salah. mengorek telinga memang bisa mengangkur kotoran, namun juga dapat mengakibatkan kotoran masuk lebih dalam ke rongga telingga sehingga menyebabkan gendak teling rusak. Korekan pada telinga juga dapat mengakibatkan luka gesekan pada dinding telinga yang dapt menyebabkan luka atau infeksi yang menjadi sarang kuman, hal inilah yang kemudian menyebabkan banyak gangguan pada telinga.

Telinga sebenarnya memiliki cara alami membersihkan bagian dalamnya, kita hanya cukup membersihkan bagian luar serta rongga telinga bagian dalam, untuk muslim, hal itu biasa dilakukan ketika berwudhu.
  • Jangan terlalu berlebihan dalam merawat telinga
Mungkin kalimat diatas terdengar aneh untuk anda, namun tahukah anda bahwa sebenarnya telinga memiliki serumen khusus untuk melumasi dan membersihkan telinga serta melindungin anda dari kemungkinan serangga yang masuk ke telinga, sehingga ketika anda membersihkan telinga tidak perlu terlalu bersih apalagi sampai setiap hari.

  • Chek Up rutin dengan ahli atau perawatan pribadi
Tips ini memang memerlukan budget khusus namun sangat berguna untuk mencegah dan mengetahui gangguan yang terjadi pada telinga anda sebelum menjadi lebih parah. Ada baiknya anda mulai memasukan kunjungan dengan dokter THT sebagai rutinitas anda. 
  • Hindari lokasi bising
Berada dilokasi yang bisang secara terus menurus dapat mengakibatkan pendengaran kita terganggu dan secara perlahan lahan mengalami kerusakan. Hal ini karena kebisingan dapat membuat kepekaan telinga dalam menangkap suara berkurang sehingga akhirnya daya pendengaran akan terganggu. 
  • Kurangi penggunaan Headset
Penggunaan Headseat dengan waktu yang lama dan suara full dapat mengakibatkan rasa sakit diarea telinga, dan mengganggu pendengaran. Sebaiknya gunakan headseat dengan volume kecil dan dalam jangka waktu tidak terlalu lama.
  • Menjauhi rokok
tahukah anda ternyata ada fakta menarik antara rokok dan telinga. Orang dengan kebiasaan merokok akan mengalami penurunan pendengaran yang terus menerus. Hal ini mungkin dikarenakan zat zat dalam rokok menyebabkan terjadinya penurunan pada pendengaran perokok.

Demikianlah sedikit tips menjaga kesehatan telinga. Semoga bermanfaat untuk anda

1 komentar:

  1. terimakasih artikelnya
    http://jayapancing.com/umpan-ikan-mas-galatama/

    BalasHapus