Home » » Kebiasaan Buruk Yang Tidak Disadari

Kebiasaan Buruk Yang Tidak Disadari

Written By Unknown on 19/05/15 | Selasa, Mei 19, 2015

Sering kali kita melakukan kebiasaan buruk yang tidak disadari. Hal ini dapat terjadi baik karena kebiasan, ketidak tahuaan atau reaksi spontan terhadap sesuatu. Apa sajakah kebiasaan buruk yang tidak disadari dan kita lakukan? berikut ini daftarnya;
  • Menunda makan atau minum
Menunda makan dan minum adalah kebiasan buruk yang tidak disadari yang paling umum dilakukan. Sebenarnya ketika tubuh kekurangan nutrisi atau memerlukan nutrisi tubuh akan mengirim sinyal berupa rasa lapar, namun terkadang karena alasan kesibukan, aturan tempat kerja atau memang pola hidup yang tidak sehat, banyak yang tidak memperdulikannya sehingga menyebabkan terjadinya maag atau tukak lambung. 
  • Menunda waktu tidur
Kebiasaan buruk yang tidak disadari lainnya adalah menunda waktu tidur. Hal ini biasanya diakibatkan oleh rasa "tanggung" karena sedang mengerjakaan sesuatu seperti sedang mengerjakan tugas, membaca novel atau menunton, padahal hal ini memberikan efek negative pada tubuh karena bila dilakukan terus menerus akan menyebabkan insomnia. 
  • Menunda buang air
Kesibukan dan rasa malas kadang membuat kebiasaan buruk yang tidak disadari ini sering dilakukan. Kebiasaan menunda buang air besar dapat menyebabkan sembelit, wasir bahkan sampai kanker usus, sedang menunda buang air kecil dapat menyebabkan ginjal rusak. 
  • Tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
Saat masih kecil orang tua paling cerewet menyuruh mencuci tangan sebelum makan, hal ini untuk mencegah kuman dan bakteri di tangan masuk ke tubuh, namun biasanya beranjak dewasa banyak yang menganggap hal ini merepotkan dan mengabaikannya sampai menjadi kebiasaan buruk yang tidak disadari pelakunya sendiri. Tangan yang tidak dicuci rentan menjadi sarang kuman dan bakteri sehingga ketika menyentuh makanan, makanan tersebut terkontamintasi kuman dan bakteri di tangan yang kemudian ikut masuk bersama makanan. Hal ini dapat menyebabkan berbagai penyakit, terutama gangguan pencernaan. 
  • Duduk terlalu lama
Kebiasaan buruk yang tidak disadari lainnya adalah duduk terlalu lama. Bagi anda yang mengharuskan duduk dengan waktu yang lama, sangat beresiko terkena sakit di punggung. leher dan bahu. Ingatlah untuk berdiri dan meregangkan tubuh tiap 30 menit sekali agar tubuh tidak kaku. 
  • Sandaran duduk yang tidak nyaman 
Selain terlalu lama duduk, kebiasaan buruk yang tidak disadari adalah sandaran tempat duduk yang tidak nyaman sehingga menyebabkan sakit punggung, sebaiknya atur posisi sandaran duduk agar anda nyaman duduk, terutama dalam jangka waktu lama.
  • Melewatkan Olahraga
Kebiasaan buruk yang tidak disadari dan umum dilakukan adalah melewatkan olagraga, padahal olahraga memiliki banyak sekali manfaat. Olahraga tidak perlu olahraga berat yang memerlukan alat yang mahal, olahraga yang baik adalah olahraga yang teratur dilakukan, seperti lari pagi. 
  • Makanan Kurang Sehat
Karena kebutuhan hidup dan pola hidup yang sehat sering kali menyebabkan kebiasaan buruk yang tidak disadari yang satu ini, yaitu konsumsi makanan yang kurang sehat. Hal ini dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkan sehingga mudah sakit.
  • Tas yang berat
Sering kali kita membawa tas dengan bobot bawaan yang berat. Kebiasaan buruk yang tidak disadari ini memang kadang sangat susah dihilangkan. Untuk menyiasatinya adalah dengan cara membagi beben bawaan kedalam beberapa tas, atau kantung. Hal ini untuk mencegah punggung atau bahu mengalami "siksaan" karena bobot tas yang berat. 
  • Menggunakan heels
Penggunaan heels memang merupakan salah satu "kewajiban" wanita jaman sekarang sehingga menyebabkan kebiasaan buruk yang tidak disadari yaitu terlalu lama menggunakan hells, menggunakan hells yang kurang sesuai atau menggunakan hells yang terlalu tinggi. Hal ini sangat burut bagi punggung karena menyababkan punggung menopan seluruh berat badan, selain itu juga menyebabkan tumit dan kaki terasa sakit. Sebaiknya gunakan heels yang nyaman dan sesuai untuk anda, jangan menjadi korban mode, dan pastikan anda memberikan "istirahat" pada kaki anda sekali kali. 

Demikianlah informasi mengenai kebiasaan buruk yang tidak disadari, semoga bermanfaat bagi anda. Semoga kita semua lebih sering memperhatikan kesehatan kita, bahkan untuk hal hal yang dianggap kecil sekalipun. 

0 komentar:

Posting Komentar