Home » » Bahaya Gorengan Bagi Tubuh

Bahaya Gorengan Bagi Tubuh

Written By Unknown on 14/05/15 | Kamis, Mei 14, 2015

Gorengan adalah berbagai jenis makanan yang dicelup adonan tepung dan kemudian di goreng dalam minyak panas yang banyak. Gorengan adalah salah makanan ringga yang sangat digemari masyarakat Indonesia, karenanya tidak heran, penjual gorengan dapat dengan mudah kita temui di berbagai tempat, mulai dari pinggir jalan, bahkan sampai resto berbintang pun kini banyak yang menjual gorengan. Namun, tahukah anda kalau gorengan memiliki beberapa dampak yang kurang baik untuk tubuh? ada beberapa bahaya gorengan bagi tubuh yang harus anda ingat sebelum menyantap gorengan, diantaranya:
  • Gangguan pencernaan
Bahaya gorengan bagi tubuh yang pertama adalah gangguan pencernaan. Gorengan banyak mengandung lemak yang asam dan berat pada perut. Karenanya gorengan cukup sulit dicerna dalam tubuh dan memberatkan pencernaan sehingga menimbulkan gangguan pencernaan, sebaiknya bila anda mengkonsumsi gorengan dengan jumlah banyak, ingat juga untuk menambah asupan serat anda sehingga membantu melancarkan pencernaan. 
  • Nyeri dada
Mungkin anda bingung mengapa nyeri dada bisa dimasukan kedalam salah satu bahaya gorengan bagi tubuh. Tahukah anda ketika anda mengkonsumsi gorengan dengan berlebihan, maka akan meningkatkan asam lambung, karenanya ketika anda berbaring atau membungkuk akan ada sensasi terbakar pada bagian dada akibat pergerakan asam lambung kedalam esofagus atau saluran makanan yang mengalirkan makanan dari mulut ke lambung. Untuk mencegahnya, gantilah konsumsi gorengan anda dengan konsumsi makanan yang di kukus atau di rebus. 
  • Kanker usus besar
Salah satu bahaya gorengan bagi tubuh yang cukup mengerikan adalah resiko kanker usus besar. Kanker ini dapat di picu karena pola makan yang salah, seperti terlalu banyak makan gorengan atau daging merah. Selain itu minyak yang digunakan berulang ulang untuk memasak gorengan dapat menyebabkan timbulnya bakteri berbahaya serta zat zat yang merugikan tubuh termasuk merangsang munculnya sel kanker. Selain itu penggunaan pembungkus bekas atau plastik dalam keadaan panas dapat menyebabkan berbagai keluhan termasuk kanker usus besar. 
  • Tukak Lambung atau ulcer
Tukak lambung atau ulcer merupakan luka yang terjadi disekitar bagian lambung atau usus yang menyebabkan rasa nyeri pada sistem pencernaan yang dapat mengakibatkan rasa sakit pada bagian pencernaan. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh bakteri bernama Pylori,selain itu minyak goreng bekas yang digunakan untuk menggoreng dapat memicu terbentuknya asam empedu di dalam usus yang kemudian mengiritasi usus sehingga menimbulkan tukak lambung. Tukak Lambung ini juga merupakan salah satu bahaya gorengan bagi tubuh yang harus anda pikirkan sebelum mengkonsumsi gorengan.
  • Akumulasi zat zat asing 
Bahaya gorengan bagi tubuh yang lainnya adalah akumulasi zat zat asing yang dapat masuk kedalam tubuh melalui gorengan seperti kuman, dan bakteri, tinta yang menyerap masuk kedalam gorengan ketika gorengan panas dibungkus oleh kertas yang berisi tinta, radikal bebas, dan lain sebagainya. 

Nah demikianlah beberapa bahaya gorengan bagi tubuh yang mungkin harus anda pikirkan sebelum mengkonsumsi gorengan dalam jumlah banyak atau rentan waktu lama. Semoga kita semakin cerdas dalam memilih makanan dan minuman agar tidak menganggu kesehatan kita sendiri. 

0 komentar:

Posting Komentar