Home » » Tips Mengobati Kerontokan Rambut

Tips Mengobati Kerontokan Rambut

Written By Unknown on 02/04/15 | Kamis, April 02, 2015

Rambut adalah mahkota, baik bagi pria maupun wanita. Rambut bisa menjadi pelengkap penampilan seseorang. Meskipun kini sudah banyak wanita yang berhijab bukan berarti kesehatan rambut bisa di abaikan saja, sebaliknya orang yang berhijab harus lebih memperhatikan kesehatan rambut. Penyakit yang umumnya muncul adalah masalah kerontokan rambut, Berikut ini ada beberapa tips mengobati kerontokan rambut dari berbagai sumber

  • Lidah Buaya
Tips mengobati kerontokan rambut yang pertama adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Cara penggunannya pun cukup sederhana, anda hanya tinggal mengambil beberapa helai lidah buaya dan mematahkannya. Ambil lendir getahnya dan jadikan sampoo saat mandi. Selain itu anda juga bisa menjadikannya seperti jus dan kemudian pakai seperti masker rambut. 

  • Urang Aring
Tips mengobati kerontokan rambut yang kedua adalah dengan menggunakan urang aring. Sama seperti lidah buaya. Caranya sangat mudah cukup ambil segenggam daun urang aring yang telah dicuci bersih. Remaslah urang aring dan rendam dalam air. Gunakan air rendaman untuk keramas dan bilas dengan sampoo, lakukan secara rutin minimal seminggu sekali. 

  • Kemiri
Kemiri umumnya digunakan sebagai bahan memasak atau termasuk rempah rempah. Namun ternyata kemiri juga dapat digunakan sebagai pengobat kerontokan dan bisa digunakan untuk merawat rambut bayi yang tipis. Caranya mudah sangrai 10 buah kemiri kemudian tumbuk sampai halus. Letakan bubuk kemiri pada kain katun, kemudian peras agar minyaknya keluar.Gosokan kain katun tersebut kekepala dengan lembut dan merata. Diamkan selama kurang lebih 1jam kemudian keramaslah rambut sampai bersih. Lakukan minimal seminggu tiga kali.

  • Bawang Merah
Banyak yang tidak suka dengan bawang merah terutama yang mentah karena baunya yang cukup menyengat, namun ternyata bawang merah juga baik untuk kesehatan rambut. Caranya mudah cukup makan bawang merah, namun bila anda tidak kuat olesi kulit kepala dengan perasan bawang merah pada malam hari, bilas sampai bersih pada pagi hari. 
  • Cuka apel 
Cuka apel mengandung alpha hidroxy acid dalam cuka apel ternyata mampu membantu membersihkan residu pilid dan kotoran dari rambut. Untuk mendapat khasiatnya ini cukup campurkan setengah cangkir cuka apel dengan seperempat cangkir air. Gunakan campuran tersebut untuk membilas rambut pada saat keramas. 
  • Telur
Telur dapat digunakan sebagai conditioner rambut. Kandunga proteinnya yang tinggi dapat membantu menambah kilauan rambut. Untuk menghilangkan bau amis yang mengganggu sebaiknya tambahkan beberapa tetes perasaan jeruk lemon pada kocokan telur, kemudian oleskan ke rambut sebagai masker
  • Yoghurt
Menggunakan youghurt merupakan salah satu tips mengobati kerontokan rambut selanjutnya. Caranya cukup dengan menjadikan yogurt sebagai masker setiap dua minggu sekali akan membuat rambut sehat bercahaya.
  • Teh hijau
Merupakan tips mengobati kerontokan rambut dengan cara tradisonal selanjutnya. Kandungan antioksidan dalam teh hijau atau green tea sangat baik untuk melindungi rambut. dari paparan polusi. Untuk mendapatkan khasiatnya cukup mudah. Seduh teh dengan air panas dan biarkan semalaman sampai mengendap. Gosokan air teh tersebut ke kulit kepala sebelum keramas.
  • Daun Seledri
Satu lagi "bumbu dapur" yang bisa dijadikan tips mengobati kerontokan rambut, yaitu dan seledri. Untuk mendapatkan hasilnya kita tak usah bersusah payah, cukup remas daun seledri sampai menyeluarkan sarinya dan oles ke rambut. tunggu beberapa saat lalu bilas menggunakan air hangat.
  • Minyak Zaitun
Minyak zaitun sejak dulu terkenal akan khasiatnya, Minyak Zaitun juga ternyata merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengurangi kerontokan. Caranya mudah oleskan minyak zaitun ke ditangan dan gosokan sampai rata, oleskan atau gosokan ke arah bagian rambut and. Tunggu 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin agar hasilnya semakin maksimal
  • Masker buah buahan
Beberapa buah dapat digunakan sebagai masker alami rambut yang aman seperti jeruk. lemon, buah plum, pepaya, jambu dan pisang. Caranya sangat mudah cukup blander buah buahan tersebut sampai seperti jus, beri tambahan jeruk nipis sedikit dan oleskan di bagian rambut anda. Biarkan kurang lebih lima menit dan bersihkan dengan shampoo. 

Selain dengan cara cara diatas, Tips mengobati kerontokan rambut juga dapat dilakukan dengan memijat kulit kepala anda selama beberapa menit sehari untuk menstimulasi sirkulasi dan peredaraan darah di kulit kepala sehingga folikel rambut anda tetap aktif. Teteskan beberapa minyak lavender atau minyak essensial lain di kulit kepala untuk menampah efek relaksasi. Jangan terlalu lama mengikat rambut. Untuk anda yang berhijab pilihlah bahan hijab yang tidak panas untuk mengurangi kelembabam rambut anda, jangan lupa keramas teratur, namun sebaiknya jangan seriap hari. Hindari stress dan kurang tidur karena secara tidak langsung bisa membuat kerontokan anda semakin parah. 

0 komentar:

Posting Komentar