Home » » Tips Jogging Yang Benar

Tips Jogging Yang Benar

Written By Arumie Muslimah on 27/04/15 | Senin, April 27, 2015

Jogging memang memiliki banyak sekali manfaat, selain dapat meningkatkan stamina dan kesehatan jogging juga dipercaya dapat menurunkan berat badan sehingga cocok untuk mereka yang diet. Jogging juga bisa dianggap olahraga yang muarah meriah dan dapat dilakukan kapan pun dan dimanapun. Namun ternyata tidak banyak yang tahu bagaimana jogging dengan benar, nah berikut ini ada beberapa tips jogging yang benar:
  • Memakai sepatu lari
Karena sering dianggap hal yang sepele, tips jogging yang benar ini sering kali diabaikan oleh beberapa orang, namun tahukah anda apabila anda berlari bukan dengan sepatu laru maka kaki akan akan terasa berat dan meningkatkan resiko mengalami cedera. Hal ini dikarenakan sepatu lari dirancang khusus untuk berlari sehingga kaki lebih ringan dan menimalkan kemungkinan cedera.
  • Pakaian yang digunakan
Sama seperti masalah sepatu, tips jogging yang benar ini juga sering kali diabaikan dan disepelekan padahal pemilihan pakaian yang menyerap keringat dan nyaman serta dapat menahan panas. Hal ini agar acara jogging anda tidak terganggu oleh keringat dan panas yang bisa menurunkan semangat anda dalam berjogging.
  • Posisi berlari
Posisi berlari yang benar juga merupakan salah satu tips jogging yang benar. Ketika anda menapakan kaki usahakan agar anda setengah berjingjit, artinya kaki tidak sepenuhnya menyentuh tanah atau hanya ujungnya saja yang menyentuh tanah. Cara ini sangat efektif untuk mencgah anda cepat lelah.
  • Pengaturan napas
Pengaturan napas juga merupakan salah satu tips jogging yang benar. Hitunglah 1-8 dan pada hitungan 1-3 anda menaruk napas, pada hitungan 4 anda menghembuskan napas dan pada hitungan 5-7 anda kembali menarik napas dan menghembuskannya pada hitungan ke 8. Menarik dan menghembuskan napsa sebaiknya dilakukan melalui hidung. Hal ini akan membantu anda agar napas anda lebih teratur dan tidak mudah lelah.
  • Waktu 
Waktu terbaik untuk jogging adalah 45menit dengan berlari konstan, namun sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan anda bisa lebih lama atau lebih sedikit. Anda sebaiknya tidak memaksakan diri berlari dengan waktu ideal bila anda tidak sanggup, yang paling penting adalah kediplinan anda dalam menjalaninya.
  • Melakukan pemanasan dan pendinginan
Tips jooging yang benar satu ini merupakan kewajiban yang sering dilupakan oleh para pelari pemula padahal ini sangat penting. Pemanasan berfungsi agar dapat meningkatkan denyut jantung anda secara perlahan lahan sehingga jantung tidak kaget saat anda jogging serta dapat mengurangi stess pada jantung. Caranya dapat dengan jalan jalan cepat atau berolah raga ringan kira kira 5 menit. Jangan lupa untuk melakukan pendinginan agar detak jantung anda kembali normal, jangan langsung duduk atau berhenti, kurangi kecepatan lari anda selama kira kira 5menit sampai detak jantung anda terasa normal.
  • Jangan lupa asupan cairan saat 
Jogging akan membuat tubuh berkeringat sehingga cairan tubuh akan berkurang, untuk mengatasinya dan menghindari dehidrasi, jangan lupa untuk membawa minuman, minumlah sebelum, selama dan sesudah jogging, bila selama jogging tidak memungkinkan, minumlah 2 gelas air putih setelah jogging
  • Disiplin 
Tips jogging yang benar satu ini memang yang paling sulit dilakukan. Kesibukan kerja maupun kesehatan kadang membuat kita malas untuk jogging, padahal jogging yang baik adalah yang dilakukan secara teratur, karenanya pastikan anda menetapkan hati dan disiplin dalam menjalaninya untuk mendapatkan manfaat dari olahraga murah meriah ini. 

Bagaiman? ternyata mudah bukan tips jogging yang benar ini. Kesehatan memang anugrah yang sangat besar untuk kita, karenanya kita harus menjaganya. Tidak perlu ke gym yang mahal atau membeli peralatan olahraga yang mahal. Hal hal sederhana seperti jogging dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan dapat membantu kita menjaga kesehatan kita. 

0 komentar:

Posting Komentar