Home » , » Tips Mencegah Sembelit Untuk Ibu Hamil

Tips Mencegah Sembelit Untuk Ibu Hamil

Written By Unknown on 21/04/15 | Selasa, April 21, 2015

Kehamilan memang merupakan pelengkap kehidupan seorang wanita. Hamil dan melahirkan merupakan kodrat wanita dan keistimewaan yang Allah berikan khusus untuk wanita. Namun dalam menjalani kehamilan, wanita tak jarang mengalami berbagai hambatan baik dari segi kesehatan maupun psikologis. Hal ini dikarenakan ketika seorang wanita hamil ia mengelami lonjakan horman yang berpengaruh pada tubuh maupun psikologisnya. Salah satu yang menjadi keluhan pada masa kehamilan adalah sembelit atau konstipasi. 

Sembelit atau konstipasi umum muncul selama masa kehamilan dan awal melahirkan. Hal ini tidak mengherankan karena perubahan hormon yang dialami wanita ketika hamil dan melahirkan dapat menganggu sistem kerja tubuh sehingga menimbulkan beberapa gejala seperti sembelit ini. Sembelit sendiri sebenarnya bukanlah penyakit berbahaya, namun demikian tidak bisa dianggap remeh karena dapat menyebabkan munculnya beberapa penyakit lain seperti wasir, radang usus, sampai dengan kanker usus. Permasalahannya ibu hamil tidak boleh sembarangan minum obat untuk mengatasi sembelit ini. Obat yang dikonsumsi harus dikonsultasikan dulu dengan dokter kandungan atau bidan, termasuk obat herbal sembelit ibu hamil.

Sembelit pada ibu hamil ternyata dapat dicegah. berikut ini beberapa tips mencegah sembelit pada ibu hamil ;
  • Minum banyak air
Dalam masa kehamilan kebutuhan air ibu hamil meningkat. Hal ini terjadi karena air yang dikonsusmi tidak saja digunakan untuk kebutuhan tubuh ibu hamil. namun juga dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Kekurangan cairan pada ibu hamil dapat mengakibatkan timbulnya sembelit, karenanya untuk mencegah sembelit pada ibu hamil sebaiknya ibu hamil banyak minum air, terutama air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan. Konsumsi cairan yang pas antara 8-10 gelas per hari untuk ibu hamil. 
  • Konsumsi makanan berserat
Selain disebabkan oleh kekurangan cairan, sembelit juga dapat diakibatkan oleh kurangnya makanan berserat. Saat hamil,untuk mencegah sembelit pada ibu hamil, sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayur sayuran dan buah buahan terrtentu seperti mentimun, strawberi, pepaya, temulawak, brokoli, kembang kol, kismi, dan semua sayuran berdaun hijau. Selain dari sayur dan buah, Serat juga dapat di peroleh dari kacang kacangan, bawang bombao dan bawang putih serta tepung gandum utuh. Makanan kaya serat umumnya mengandung prebiotik yang sangat baik untuk mencegah pengerasan tinja, sehingga tinja menjadi lebih lembut dan gampang dikeluarkan. 
  • Olahraga ringan
Ibu hamil memang disaran untuk mengurangi aktifitas yang bersifat menguras tenaga, namun demikian bukan berarti ibu hamil harus duduk diam saja sepanjang hari. Ibu hamil juga bisa berolah raga ringan seperti jalan jalan dan berenang. Hal ini selain mencegah sembelit pada ibu hamil juga dapat membantu ibu hamil agar lebih sehat, fit dan bugar, serta membantu kelancaran kelahiran nanti. Yang harus diingat adalah jangan memaksakan diri dalam berolah raga.
  • Makan makanan panas dan dingin secara bergantian
Makan makanan dan minuman yang panas dan dingin secara bergantian dipercaya dapat membantu mencegah sembelit pada ibu hamil. Namun demikian untuk anda yang mengalami gigi sensitive sebaiknya menghindarinya untuk mencegah gigi anda terasa ngilu. 
  • Konsumsi obat anti sembelit 
Konsumsi obat obatan yang bisa membantu sembelit harus dilakukan setelah cara cara lain tidak dapat mengatasi sembelit. Hal ini mencegah terjadinya komplikasi atau hal yang tidak diinginkan lainnya pada ibu dan janin. Konsumsi obat anti sembelit harus dikonsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan anda, hal itu agar obat yang dikonsumsi tidak mengganggu kesehatan ibu hamil maupun perkembangan janin. Obat sembelit yang dimasukan melalui anus sebaiknya dihindari karena dikhawatirkan dapat memicu kontraksi, terutama di trimester awal dan trimester akhir. 

Nah demikianlah sedikit tips mencegah sembelit pada ibu hamil. Semoga saja semua ibu ibu hamil dapat selalu sehat baik ibu maupun janin dalam kandungannya. Ingat selalu untuk menjaga kesehatan dan positeve thinking. Ingat apa yang ibu hamil rasakan turu berpengaruh pada perkembangan janin dalam rahim, hindari stress dan depresi dengan selalu positive thinking agar ibu sehat bayi selamat. 

0 komentar:

Posting Komentar