Home » , » Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan

Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan

Written By Unknown on 15/04/15 | Rabu, April 15, 2015

Mengkudu atau dalam bahasa latin disebut morinda citrifolia termasuk dalam famili rubiaceace yang berasal dari Asia Tenggara. Manfaat mengkudu bagi kesehatan telah dimanfaatkan sejak jaman dahulu, namun sebagai manusia modern yang tidak begitu saja percaya maka diadakan berbagai penelitian untuk mengetahui manfaat mengkudu bagi kesehatan. Setelah dilakukan penelitian mendalam mengenai kandungan mengkudu ternyata manfaat mengkudu bagi kesehatan bukanlah isapan jempol belaka. Kandungan nutrisi, terpoinoid, scolopetin, zat anti kangker dan xeronine serta proxeronine dalam mengkudu memiliki banyak manfaat untuk sehatan kita, diantaranya:
  • Memperlancar peredaran darah serla memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Manfaat ini didapat karena Mengkudu mengandung zat scopoletin. 
  • Membunuh beberapa bakteri penyebab infeksi karena kandungan zat scopoletin dan zat anti bakterinya
  • Melawan sel sel kanker karena kandungan zat antikankernya, 
  • Meningkatkan daya tahan tubuh untuk menghindari berbagai penyakit karena mengkudu memiliki kandungan seimbang dari vitamin, mineral, asam amino, peptida, dan enzim yang sanagt baik untuk meningkatkan sisitem kekebalan tubuh.
  • Membantu mengurangi rasa sakit  karena mengandung anlgesik sebanyak 75% yang efektif mengurangi rasa nyeri.
  • Mengatasi Paradangan dan Alergi karena sari buah mengkudu mengandung sifat anti inflamasi yang terbukti mencegah terjadinya peradangan.
  • Menghilangkan ketombe karena mengkudu bersifat antibakteri sehingga bisa membunuh bakteri, kuman dan beberapa jenis parasit yang merugikan termasuk ketombe.
  • Kandunagan vitamin dan mineralnya dapat membantu mencegah rambut rontok dengan memberikan nutrisi pada akar rambut.
  • menghilangkan sisik kulit terutama pada kaki. Caranya bagian yang bersisik di gosok dengan buah mengkudu sampai merata, biarkan selama 5-10 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. 
  • Mengkudu sangat baik digunakan untuk mengatasi problem sistem pencernaan seperti perut kembung, luka pada usus halus, radang lambung , muntah muntah dan keracunan makanan. Untuk mendapat khasiat ini caranya sangat mudah cukup tumbuk 2-3 daun mengkudu, ditambah garam dan diseduh air panas. Setelah dingin, disaring dan diminum. 
  • Membantu mengobati gangguan sistem pernapasan seperti batuk, bronchitis, sakit tenggorokan, TBC, Kolera, Demam pada bayi, Sinusitis dan asma. Untuk mengobati batuk caranya mudah yaitu rebut satu buah mengkudu dan setengan gengam daun poo (bujanggut) dengan dua gelas sir sampai tersisa satu gelas. Saring, minum pagi dan sore.
  • Membantu kinerja sistem kordivular seperti kolesterol tinggi, penebalan otot jantung, serta meningkatkan transportasi oksigen dalam sel, juda dapat bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Untuk mendapat manfaat mengkudu sebagai pengendari darah tinggi caranya cukup memeras air mengkudu kemudian ditambah madu dan siring, baru kemudian di minum dua hari sekali. 
  • Mengobati berbagai penyakit kulit seperti luka bakar, luka kudis, bisul, selulit, cacing kulit, kurap, radang pada kulit, borok pada kulit.
  • Membantu mengatasi berbagai gangguan pada mulut dan tenggorokan seperti radang tenggorokan, gusi berdarah, batuk,sariawan, dan sakit gigi. karena dapat berfungsi sebagai analgesik sekaligus anti inflamasi (peradangan).
  • Gangguan mentruasi karena bersifat analgesik yaitu mengurangi rasa sakit sehingga dapat mengurangi sakit saat menstruasi sekaligus membantu menyeimbangkan hormon. 
Manfaat mengkudu untuk kesehatan memang sudah terbukti, namun harus diingat ada cara cara dana aturan (dosisnya) untuk mendapat manfaat mengkudu untuk kesehatan. Jangan lupa untuk mencuci mengkudu sebelum digunakan untuk menghindari kontaminasi lingkungan yang buruk pada mengkudu, sehingga dapat diambil manfaatnya dengan maksimal. 

0 komentar:

Posting Komentar