Home » » Mengatasi Batuk Pilek Pada Anak

Mengatasi Batuk Pilek Pada Anak

Written By Unknown on 20/03/15 | Jumat, Maret 20, 2015

Memiliki anak tentunya adalah anugrah yang paling berkesan dan besar bagi semua orang tua. Dipercaya untuk melahirkan, mengasuh, mendidik dan memebesarkan seorang anak hasil buah cinta kita dengan pasangan tentunya adalah kebahagiaan terindah bagi semua orang. Namun terkadang perasaan bahagia itu berubah menjadi kesedihan kala sang buah hati sakit walaupun hanya sekedar batuk atau pilek, tentunya semua ayah dan bunda tak ingin membiarkan hal itu berlanjut bukan dan segera mencari cara mengatasi batuk pilek pada anak.

Bila si kecil batuk dan pilek, hal pertama yang harus diingat adalah jangan panik, memang orang tua, terutama orang tua yang baru memiliki anak sering diserang kepanikan kala si buah hati sakit sedikit saja, walaupun banyak yang menganggapnya lebay atau berlebihan, namun itu semua masihlah wajar, ingatlah untuk tidak terlalu panik apalagi histeris saat menemukan anak batuk tak kunjung henti atau pilek. Kalau anda panik siapa yang akan mengurus si kecil?. Cobalah untuk tenang walaupun mungkin anda bingung bagaimana cara mengatasi batuk pilek pada anak yang benar.

Kenali gejala yang terjadi pada anak. Dengan mengenali gejala yang terjadi pada anak kita akan lebih mudah mengobatinya, dan meminimalkan resiko salah memberi obat. Dalam memberi obat sebaiknya diperhatikan aturan pakai, dosis dan komposisi obat yang diberikan untuk mengatasi batuk pilek pada anak. Pastikan obat yang diberikan aman dan sesuai dosis. Hindari penggunaan obat obatan kimia secara berlebihan untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan, apalagi obat kimia biasanya bersifat menghilangkan gejala, bukan virus penyebabnyam sehingga sesungguhnya penggunaan obat obatan kimia yang berbahaya tidak menyembuhkan secara tuntas.

Pada batuk dan pilek yang masih dalam tahap awal, anda dapat memberikan beberapa tindakan untuk mengatasi batuk pilek pada anak diantaranya:

  1. Bila anak anda masih tahap menyusui berikan dia minum asi yang banyak karena pada ASI terdapat komponen komponen atau kandungan kandungan berkhasiat yang dapat membantu meningkatkan sistem imun pada bayi,  namun jangan paksakan bayi untuk minum asi, karenahal itu bisa menyebabkan bayi tersedak dan menghalangi jalan napasnya. Bila anak sudah besar dan tidak minum asi berikan air putih yang banyak dan hindari memberikan jus buah atau minuman bersoda karena akan menimbulkan iritasi pada tenggorokan.
  2. Pada balita diatas satu tahu berikan madu untuk menambah daya tahan tubuh, namun hindari pemberian madu pada anak dibawah satu tahun, Tim atau kuskus madu selam 15-20 menit untuk mensterilkan madu bila bunda ingin tetap memberikan madu pada anak dibawah satu tahun.
  3. hangatkan tubuh sikecil dengan menggunakan kayu putih atau minyak telon. Tinggikan bantal si kecil sedikit untuk kenyamanan bernafasnya. Bunda juga dapat meneteskan larutan saline (garam steril) yang dapat dicari di apotek untuk mengurangi kekentalan lendir di hidung. 
  4. Untuk balita diatas 2 tahun, dapat diberikan sup kaldu hangat atau teh jahe dengan madu hangat, untuk menghangatkan badan dan melegakan tenggorokan. Dapat juga memberikan campuran antara jeruk nipis dan madu untuk meringankan batuk sikecil dengan perbandingan 1:1 satu sendok teh, 3x sehari setelah makan. 
  5.  Hindarkan anak dari lingkungan yang buruk Usahan lingkungan sekitar anak memiliki sirkulasi udara yang baik dan bebas polusi untuk mencegah batuk dan pilek anak semakin parah, hindari penggunaan AC atau kipas angin langsung pada anak.
Bila dalam dua pekan batuk si kecil tak kunjung sembuh atau batuk parah disertai dengan gangguan pila makan dan tidur, muntah, demam tinggi, dahak berwarna hijau, kuning, coklat atau ada bercak darah, bayi tidak mau makan dan kehilangan berat badan, segera hubungi dokter untuk mencegah hal hal yang tidak diinginakan. 

Demikian tips mengatasi batuk pilek pada anak yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat bagi ana dan terima kasih atas kunjungannya

0 komentar:

Posting Komentar